Selasa, 10 September 2019


Artikel Mengenai BISNIS RITEL
Pengertian bisnis ritel adalah sebuah bisnis yang menjalankan penjualan barang atau jasa secara eceran atau satuan.
Karakteristik Bisnis Ritel
  • Ritel merupakan ujung tombak pasokan yang menghubungkan produsen dan grosir kepada konsumen terakhir.
  • Bisnis ritel merupakan rantai pertama yang dapat mengidentifikasi perubahan tren dan perilaku konsumen karena memiliki hubungan langsung dengan konsumen akhir.
  • Ritel dapat ditempatkan sebagai intelijen pasar untuk mengetahui feedback dari konsumen tentang produk yang ditawarkan sehingga informasi dapat dikembalikan kembali kepada produsen atau grosir.
  • Banyak bisnis ritel yang menggunakan banyak sistem penjualan seperti ritel online atau toko offline. Dengan berbagai saluran pemasaran ini memungkinkan mereka dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dan efektif.
·         Beberapa fungsi bisnis ritel diantaranya sebagai berikut :
Fungsi Bisnis Ritel
1. Proses pengiriman kepada konsumen terakhir
2. Bagian penting dari rantai distribusi
3. Menyeimbangkan permintaan dan penawaran sesuai dengan kebutuhan pasar
4. Membantu pemasaran produk
5. Mengurangi risiko penyimpanan barang
6. Memberikan kenyamanan berbelanja kepada konsumen
7. Menyerap feedback dari pasar
JENIS USAHA RITEL
A. BERDASARKAN CARA PELAYANAN
1. Layanan terbatas, biasanya tidak swalayan/self service, biasanya disebut Independent Retail, antara lain :
• Kios Rokok
• Toko-toko P&D
Toko pengecer di jalan umum/perumahan
Toko pengecer di dekat/didalam pasar
2. Layanan Swalayan
• Supermarket
• Minimarket
• Hypermarket
B. BERDASARKAN LINI PRODUK YANG DIJUAL
Speciality shop (hody shop, guardian, chairmart, optik, pet shop)
Departement store (Metro, Rimo, Ramayana, Matahari, dll)
Supermarket (Hero, Super Indo, Top’s, dll)
Minimarket/grocery store (Toko Minimart, Indomaret, Pasar Prima, Waroeng, Ceriamart, Go Smart, Starmart, Mini Market Independen Operator)
Covenience store (AM PM, Cirde K)
Super Store/Hypermarket (Carrefour, Super…..)
C. BERDASARKAN PENEKANAN RELATIF HARGA
Discount Store (Toko TGR, Makro, Indoglosir)
D. BERDASARKAN PENGENDALIAN TOKO
• Warehouse Club Store (Price club)
• Cooperation (Koperasi)
• Organisasi Waralaba (Franchise Indomaret, Toko Minimart)
PEMAIN UTAMA BISNIS RITEL DI INDONESIA

• PESAING LANGSUNG
- Minimarket / Grocery store
• Indomaret • Pasar Prima • Go Smart
• Hemat • Ceria Mart • Toko Mart
• Waroeng • Starmart • Alfa Mart
- Convenience Store
• AM PM • Circle K
- Supermarket
• Super Indo • Top’s • Diamond • Dbest
- Hypermarket
• Carrefour • Giant
• PESAING TIDAK LANGSUNG
Karena pada kenyataannya pelaksanaan bisnis wholesalers yang seharusnya menjual dalam partai besar, tetapi juga menjual semacam eceran, maka yang menjadi pesaing tidak langsung antara lain :
• Makro         
• Goro
• Toko TGR
• Indogrosir
APA YANG HAKIKI DARI BISNIS RITEL ?
• karena Bisnis Ritel pada umumnya mendapat laba kotor (gross margin) yang rendah dan berhubungan langsung dengan konsumen akhir (end user), maka sebenarnya bisnis ritel adalah :

- BISNIS EFISIENSI
- BISNIS PELAYANAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Iklan di Instagram Ads

  1. Mengoptimalkan Penggunaan Instagram Ads Jika target audience Anda banyak yang menggunakan Instagram, tentu beriklan di Instagram Ads me...