Marketing Mix
- Karakteristik Produk
Menurut Kottler & Keller (2006), karakteristik produk adalah kondisi
yang berbeda dari suatu produk dibandingkan para pesaingnya yang dapat
ditawarkan kepada konsumen untuk memenuhi kebutuhan. Setiap produk memiliki
karakteristik yang berbeda-beda, dan setiap produsen selalu berusaha menciptakan
produk yang memiliki karakteristik tersendiri sehingga konsumen memiliki
persepsi khusus terhadap produk tersebut. Banyaknya variasi produk yang
ditawarkan oleh suatu perusahaan merupakan langkah untuk menghadapi persaingan
dalam merebut pangsa pasar. Dalam industri otomotif yang semakin berkembang
ini, mobil sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Dengan
menawarkan berbagai macam variasi dan tipe, tentunya akan konsumen akan
memiliki banyak pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan
masing-masing. Produsen juga harus jeli dalam menangkap selera pasar
lalu menuangkannya dalam produk yang dihasilkan
dengan karakteristik sesuai apa yang konsumen inginkan, sehingga bisa disebut
karakteristik produk merupakan salah satu faktor penting yang membuat produk
tersebut diterima oleh pasar. Menurut Ryerson (2009), karakteristik suatu
produk merupakan modal atau atribut penting, sejauh produk tersebut mampu
memberikan keuntungan untuk
memenuhi tujuan yang lebih besar. Dengan kata lain, karakteristik produk
adalah suatu pola yang akan menentukan suatu produk layak untuk di konsumsi
atau tidak. Dalam industri otomotif, tiap produsen kendaraan berlomba-lomba
dalam menciptakan suatu produk baru dan bertujuan untuk meraih pangsa pasar.
Perusahaan yang dapat menciptakan suatu produk dengan memiliki kelebihan pada
karakteristik produknya, merupakan nilai tambah yang akan membantu perusahaan
dalam mencapai tujuannya. Perusahaan pasti sudah menentukan target konsumennya,
sepertinya halnya PT. NMI melalui produknya Nissan Livina yang memiliki beberapa
tipe dan variasi sehingga bisa masuk kedalam beberapa segmen kendaraan dantentunya
disesuaikan dengan selera dan kebutuhan dari target konsumennya.
- Bauran promosi (promotion mix)
Promotion mix merupakan salah satu bagian dari bauran pemasaran
(marketing mix)pada ilmu manajemen pemasaran. Promosi merupakan bagian yang
tidak bisa dipisahkan pada pemasaran itu sendiri, sehingga tanpa keberadaannya
pemasaran sama sekali tidak bisa berjalan.
Promosi sebagai upaya
memperkenalkan produk / jasa agar bisa dikenal dan diterima publik dapat
ditempuh dengan berbagai cara. Di televisi anda sering melihat iklan suatu
produk, atau perjalanan anda melihat spanduk, poster, video tron. Hingga pada
pagi hari saat anda hendak mencuci kendaraan sudah ada brosur terselip di
penyeka kaca (windscreen wiper).
Seberapa besar manfaat
promosi mempengaruhi penjualan? Sebenarnya secara sadar atau tidak sadar anda
salah satu korban promosi ^^. Promosi adalah sebuah usaha untuk
menginformasikan dan mempengaruhi target konsumen agar nantinya tertarik untuk
melakukan pembelian, berikut ini beberapa manfaat promosi yang perlu Anda
ketahui :
Customer Loyalty =>
Promosi bermanfaat untuk meningkatkan loyalitas konsumen agar nantinya tidak
beralih ke produk kompetitor.
Media Komunikasi =>
Promosi akan dapat membantu sebuah perusahaan untuk menyampaikan
informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada para konsumen dan calon
konsumennya.
Pertahanan =>
Promosi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mempertahankan citra
(image) dari serangan-serangan agresif para kompetitor sebuah perusahaan.
Trial and Repeat Buying
=> Dengan melakukan promosi, akan meningkatkan kemungkinan sebuah perusahaan
untuk terus mendapatkan pembeli baru dan juga pembeli berulang (repeat buyer).
Membangun Merek =>
Promosi berfungsi untuk meningkatkan “Brand Awareness”, dan juga dengan semakin
tingginya tingkat “Brand Airin”g, akan membuat sebuah produk dapat menjadi “Top
of Mind” di masyarakat. Branding
yang terbentuk akan memperkokoh suatu perusahaan pada pandangan publik
masyarakat.
5.
Bentuk dan Jenis Bauran Promosi (Promotion Mix)
Segala jenis promosi pada
pemasaran dikategorikan dalam 5 bentuk promotion mix. Anda dapat melakukan
salah satunya atau semuanya agar hasil yang diperoleh maksimal, hanya jika
dijalankan secara benar.
Periklanan
(advertising)
Periklanan
(advertising) merupakan bentuk komunikasi non individu
dengan sejumlah biaya menggunakan media tertentu yang dilaksanakan oleh perusahaan, organisasi non
laba ataupun para individu. Tujuan utama periklanan adalah meningkatkan
permintaan atas produk yang ditawarkan. Sedangkan manfaat periklanan adalah :
ü Memungkinkan
penjual untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus.
ü Memungkinkan
penjual untuk menyebarkan informasi tentang produk dan perusahaan.
ü Memungkinkan
penjual untuk mendramatisir perusahaan dan produknya melalui penguunaan
cetakan, suara dan warna yang menarik perhatian.
Advertising umumnya
bersifat masal, tidak ditujukan untuk individu tertentu secara khusus. Contoh
dari advertising saya rasa tidak asing lagi bagi anda. Segala bentuk promosi
menggunakan media visual termasuk didalamnya. Poster, brosur, iklan televisi,
spanduk videotron dll.
Personal
Selling
Personal
Selling merupakan usaha untuk memperkenalkan suatu
produk melalui komunikasi langsung (tatap muka) agar konsumen tertarik untuk
membeli produk yang ditawarkan. Sebagai salah satu variabel dari promosi personal
selling memungkinkan penjual untuk :
·
Mengadakan hubungan langsung dengan calon
pembeli sehingga penjual lebih dapat mengamati karakteristik beserta kebutuhan
pembeli.
·
Memperoleh tanggapan dari calon pembeli.
·
Membina berbagai macam hubungan dengan
pembeli baik dalam hubungan bisnis maupun persahabatan yang erat. Jadi,
dalam personal selling terjadi interaksi langsung, saling bertemu
muka antara pembeli dengan penjual, sehingga dapat diketahui secara langsuing
keinginan, perilaku dan motif pembelian dari konsumen, sekaligus dapat melihat
reaksi konsumen. Dengan demikian perubahan dapat lebih segera mengadakan
penyesuaian penyesuaian.
Anda pernah didatangi
salesman langsung ke rumah anda? secara eksklusif menerangkan secara detail
mengenai produk, mengajak anda terlibat didalamnya pada komunikasi dua arah.
Hal demikian disebut personal selling.
Publisitas
(Publicity) – Public Relation (PR)
Publisitas
adalah
sejumlah informasi tentang seseorang, barang, atau organisasi yang
disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya, ataupun tanpa
pengawasan dari sponsor. Bila dibandingkan dengan alat promosi yang lain,
publisitas memiliki beberapa kebaikan antara lain :
§ Lebih
dapat dipercaya, sebab berupa suatu berita bukan iklan.
§ Dapat
menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca iklan.
§ Jauh
lebih murah, karena tanpa biaya.
§ Dapat
ditempatkan pada halaman depan dari sebuah surat kabar atau pada posisi lain
yang menyolok.
Public relation, membina
hubungan baik dengan publik merupakan upaya branding yang sangat efektif. Ikut
berpartisipasi dalam kegiatan sosial dengan memakai atribut perusahaan juga
produk memiliki nilai positif dimata masyarakat. Mereka (masyarakat) memberikan
penilaian positif terhadap perusahaan anda, yang terpenting dari itu semua
“brand image” perusahaan semakin bertambah kuat.
Promosi
penjualan (Sales Promotion)
Promosi
penjualan merupakan kegiatan pemasaran selain personal
selling, periklanan dan publisitas yang mendorong efektifitas pembelian konsumen
dengan menggunakan alat seperti peragaan, pameran, demonstrasi dan
sebagainya, juga potongan harga seperti diskon pembelian produk.
Beberapa contoh metode
promosi penjualan :
Ø Pemberian
contoh barang secara cuma-cuma, ini merupakan salah satu alat promosi penjualan
yang dianggap paling mahal tapi juga paling efektif.
Ø Kupon
berhadiah, cara ini sangat efektif karena membuat orang mudah tertarik.
Ø Rabat,
merupakan pengurangan harga yang diberikan kepada pembeli.
Potongan harga langsung.
Ø Peragaan,
memamerkan barang-barang pada waktu tertentu, tempat dan situasi tertentu.
Semua promosi penjualan
bersifat mempengaruhi pembelian secara psikologis. Sebagian besar perusahaan
akan menaikan harga kemudian menurunkannya sehingga seolah-olah produk yang
dijualnya sedang dalam masa diskon, cuci gudang dsb. Selain itu menetapkan
harga tidak bulat juga dapat mendorong
meningkatnya penjualan,
misalnya Rp 1.999.000,00 untuk harga produk Rp 2.000.000,00.
Pemasaran
Langsung (Direct Marketing) Merupakan Bagian Bauran Promosi yang
Ke-5
Menurut Kotler & Gary
Armstrong (1996: 53) Direct Marketing adalah
pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung
dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons
langsung. Sedangkan menurut Duncan (2002 : 573 ) Direct
Marketing adalah ketika perusahaan ingin menjalin komunikasi langsung
dengan pelanggan, mereka mengguanakan strategi komunikasi langsung, dimana
lebih bisa berinteraksi, database yang memicu proses komunikasi
pemasaran menggunakan media untuk mendorong respon pelanggan.
Direct Marketing bisa
menjadi salah satu sistem pemasaran interaktif yang dapat dikembangkann
perusahaan untuk menghasilkan tanggapan langsung dari pelanggan yang
ditargetkan. Dengan melakukan dengan teknik promosi ini, pihak perusahaan akan
mampu menciptakan hubungan baik dengan pelanggan.
Beberapa contoh bentuk
promosi Direct Marketing diantaranya pemasaran direct mail,
telemarketing, pemasaran melalui katalog (Catalog Marketing), dan
Saluran Online (Online Channel), penggunaan surat, telepon, faksimil,
e-mail dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara dengan
atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon
pelanggan.
Website Sebagai Alat
Direct Marketing yang Sangat Efektif
Pada dasarnya website
merupakan properti online yang sama kedudukannya dengan kantor sebuah
perusahaan di dunia nyata. Dengan biaya jauh lebih murah kemampuan website
menjangkau lebih luas terhadap masyarakat secara global. Artinya, dimanapun
manusia berada selama mempunyai koneksi terhubung ke internet, maka dapat
menjangkau perusahaan anda beserta produk yang dijual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar